Mengenal Jenis Nasi Kuning Kotak dari Berbagai Daerah Nusantara

Nasi kuning kotak merupakan hidangan nasi berbumbu dengan ciri khasnya yaitu penggunaan kunyit. Rempah inilah yang memberikan rasa dan warna kuning alami pada nasi. Nasi kuning termasuk makanan yang populer dengan variasi yang bermacam-macam dari berbagai daerah.

Ternyata nasi kuning di setiap daerah memiliki ciri khas, rasa, dan racikan yang berbeda-beda. Biar tidak hanya tahu nasi kuning Jawa saja, berikut ini beberapa hidangan nasi kuning dari berbagai daerah dan ciri khasnya masing-masing.

Jenis Nasi Kuning Kotak Nusantara

Nasi Kuning Kotak

Nasi kuning menjadi hidangan sederhana yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun sekilas tampak mirip, tetapi setiap daerah memiliki resep tersendiri yang membedakannya dengan nasi kuning dari daerah lain.

1. Nasi Kuning Kotak Solo

Nasi kuning Solo merupakan varian nasi kuning yang paling populer. Nasi kuning Jawa ini mungkin mirip seperti nasi kuning khas Sunda atau Jawa Barat. Namun, ada perbedaannya yaitu pada lauk pelengkap yang digunakan pada nasi kuning khas Solo.

Hidangan ini disajikan dengan beberapa lauk seperti bakmi goreng, perkedel kentang, tempe kering, dan bahkan ayam goreng. Lauk pelengkap nasi kuning Solo cukup banyak dan tentunya bikin kenyang. Biasanya masyarakat menyantap nasi kuning sebagai menu sarapan di pagi hari sebelum bekerja atau sekolah.

Baca Juga : Nasi Kuning Ulang Tahun, Kreasi Hidangan yang Unik

Sementara itu, resep nasi kuning kotak khas Solo tidak jauh berbeda dari nasi kuning pada umumnya Menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, santan, daun salam, dan lain-lain.

2. Nasi Kuning Kotak Manado

Jika Anda sudah pernah mencicipi kuliner khas Manado, pasti paham dengan cita rasa kulinernya yang identik dengan rasa pedas. Tidak ketinggalan juga dengan ikan cakalang yang banyak ditemui di berbagai hidangan khas Manado.

Salah satunya adalah nasi kuning Manado yang menggunakan ikan cakalang sebagai pelengkapnya. Ikan cakalang sudah sangat populer di dunia kuliner khas Manado. Nasi kuning khas daerah ini menggunakan beberapa rempah seperti serai, lengkuas, daun jeruk, daun pandan, santan, dan tidak lupa kunyit.

Baca Juga : Tumpeng Nasi Kuning dengan Lauk Melimpah dan Kaya Rasa

Rasa pedas manis nasi kuning ini didapat dari bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, dan cabai. Selain memiliki resep yang berbeda, penyajian nasi kuning kotak di daerah ini juga cukup unik.

Nasi kuning Manado biasanya menggunakan daun lontar atau daun woka sebagai wadah penyajian. Penggunaan daun ini memberikan aroma yang sedap pada nasi kuning. Nasi kuning dengan ikan cakalang khas Manado dapat menjadi sajian nikmat dan juga bergizi untuk keluarga.

3. Nasi Kuning Kotak Gorontalo

Nasi kuning khas Gorontalo sedikit berbeda dengan nasi kuning dari daerah lain di Indonesia. Salah satu ciri khas dari kuliner yang satu ini adalah cara penyajian yang disertai dengan sup kaldu ayam. Apakah Anda pernah menikmati nasi kuning dengan sup?

Sup yang disajikan untuk pelengkap nasi kuning ini berisi bihun atau suun, telur rebus, dan suwiran daging ayam. Jika Anda pernah mencoba berbagai resep nasi kuning, mungkin akan paham bahwa nasi kuning Gorontalo memiliki tekstur yang agak pulen dan gurih.

Cara menyantap nasi kuning ini selalu dengan lauk-pauk yang beragam. Namun, lauk pelengkap yang membuat nasi kuning Gorontalo berbeda dari yang lain adalah penggunaan abon ikan tuna. Biasanya nasi kuning ditaburi dengan abon ikan tuna dan bawang goreng yang membuat rasanya lebih gurih.

Dari segi tampilannya, nasi kuning khas Gorontalo juga memiliki warna yang lebih terang. Aroma nasi kuning dari daerah ini juga lebih tajam dengan penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak.

4. Nasi Kuning Kotak Makassar

Makassar bukan hanya punya Coto yang jadi kuliner khas mereka. Daerah ini juga memiliki hidangan khas yaitu nasi kuning. Hidangan ini berbeda dengan nasi kuning dari daerah lain karena penyajiannya yang cukup rame.

Biasanya nasi kuning kotak khas Kota Makassar disajikan dengan lauk seperti telur pindang, sayur nangka, paru goreng, abon, kering kentang, dan sayur labu siam. Paket lengkap bukan? Satu porsi nasi kuning ini dijamin bikin Anda kenyang karena lauk-pauknya yang cukup banyak.

5. Nasi Kuning Kotak Banjar

Pernah mencoba nasi kuning khas Kota Banjar? Sajian nasi kuning yang banyak disantap sebagai menu sarapan oleh masyarakat Banjar dan sekitarnya. Nasi kuning yang satu ini memiliki lauk-pauk pelengkap dan salah satunya adalah lauk bumbu merah.

Bahan pelengkap ini yang membedakan nasi kuning Banjar dengan nasi kuning dari daerah lain. Lauk bumbu merah dengan rasa yang pedas manis dan biasanya berupa olahan daging ayam, telur rebus, atau menggunakan ikan.

Selain bumbu merah, ciri khas nasi kuning Banjar adalah penggunaan talas atau ubi. Lauk berupa kering talas menambah cita rasa nasi yang lebih gurih dan kaya rasa.

6. Nasi Kuning Kotak Jawa Barat

Bagi pencinta kuliner khas Sunda, wajib coba nasi kuning khas Jawa Barat. Perbedaan nasi kuning khas Jawa Barat dengan nasi kuning Solo atau nasi kuning daerah lain adalah lauk pelengkapnya. Sebagai kuliner khas Sunda, nasi kuning ini disajikan dengan lalapan yang menjadi ciri khas dari makanan Pasundan.

Bumbu-bumbu atau rempah-rempah untuk membuat nasi kuning hampir sama yaitu santan, kunyit, dan daun salam. Sementara itu, bahan pelengkap yang disajikan bersama nasi kuning antara lain kering tempe, telur dadar yang diiris, abon sapi, kerupuk, daun kemangi, timun, dan sambal.

Pada sajian nasi kuning kotak khas Jawa Barat yang lebih lengkap, Anda mungkin menemui beberapa lauk penyerta seperti telur balado, daging sapi, ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, urap, dan masih banyak lagi.

7. Nasi Kuning Kotak Ambon

Beda daerah beda juga resep makanannya, seperti resep nasi kuning khas Kota Ambon. Nasi kuning dari daerah Maluku ini memiliki cita rasa yang khas dengan berbagai lauk-pauk. Salah satu ciri khas dari nasi kuning Ambon adalah kuah kuning dan ikan bakar.

Penyajian nasi kuning daerah timur Indonesia ini menggunakan berbagai bahan pelengkap, tetapi yang wajib ada adalah kuah kuningnya. Ada juga sambal goreng yang semakin menambah rasa gurih pada nasi kuning.

8. Nasi Kuning Kotak Papua

Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam menghadirkan hidangan atau kuliner asli mereka. Salah satunya adalah Papua yang memiliki nasi kuning yang berbeda dari lainnya. Apa yang membedakan nasi kuning khas Papua dengan daerah lain?

Perbedaannya ada pada penyajian nasi kuning. Lauk pelengkap yang disajikan bersama nasi ini adalah daging panggang dan ikan asap. Tidak ketinggalan juga dengan sambal khas yang pedas dan menggugah selera.

Itulah beberapa sajian nasi kuning kotak dari berbagai daerah di seluruh penjuru Nusantara dengan ciri khasnya masing-masing. Meski sepintas mirip, tetapi pasti dari segi rasa memiliki ciri khas yang membedakannya dengan daerah lain. Anda pernah coba nasi kuning yang mana?

 

Workshop

Graha Sastro Sun Space
Jl. Pramuka Raya No.49 Mampang Pancoran Mas Depok Jawa Barat 16433

Customer Service

Service Hours

Senin - Minggu
Fast Response Chat 06.00 - 23.00
Pengiriman 24 Jam

Social Media

Follow yuk Instagram Bu Sastro @dapurbusastroofficial

Copyright © All Right Reserved | PT Integra Rasa Nusantara