Nasi Kuning Jakarta, Kumpulan Resep Khas Nusantara

Indonesia memiliki banyak sekali makanan tradisional yang menggugah selera termasuk nasi kuning. Nasi kuning ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan, selain itu olahan nasi ini juga identik dan umum disajikan pada sebuah perayaan besar. Kini kamu bisa mencari catering nasi kuning Jakarta dengan mudah hanya di Dapur Bu Sastro.

Kumpulan Resep Nasi Kuning

Nasi Kuning Jakarta

Saking banyaknya penggemar olahan nasi yang satu ini, resep nasi kuning yang ada di Indonesia pun sangat bervariasi. Bagi kamu yang berencana untuk membuat nasi kuning, berikut ini adalah beberapa kumpulan resep nasi kuning yang dapat kamu coba.

Baca Juga : Tumpeng Nasi Kuning dengan Lauk Melimpah dan Kaya Rasa

– Resep nasi kuning sederhana

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu beras sebanyak 1 kg, santan 850 ml, kunyit sepanjang 5 cm atau bisa juga menggunakan kunyit bubuk. Kemudian siapkan lengkuas sepanjang 2 cm, kelapa tua sebanyak 1 buah, daun pandan dan daun salam masing-masing sebanyak 2 lembar dan 4 lembar, serai 2 batang, jahe 3 cm, bawang merah 6 buah serta garam.
  • Sementara untuk cara pembuatannya pertama cuci beras sampai bersih dan rendam beras tersebut pada air bersih. Setelah itu haluskan bumbu-bumbu seperti kunyit, jahe, lengkuas dan juga bawang merah. Jangan lupa tambahkan garam ke dalam bumbu-bumbu tadi.
  • Campurkan bumbu halus pada santan dan aduk sampai merata lalu masak sampai mendidih. Buang air rendaman beras lalu tuang santan pada beras sambil disaring. Setelah itu masukkan daun salam dan juga serai, rebus beras menggunakan api kecil.
  • Saat direbus, aduk beras sampai air menyusut atau aduk beras sampai berubah hampir menjadi nasi. Jika tingkat kematangan kira-kira sudah hampir tercapai ambil daun salam dan juga serai yang ada di beras tadi.
  • Siapkan panci yang digunakan untuk mengukus, rebus air lalu masukkan nasi pada panci pengukus tadi, tambahkan daun pandan dan masak nasi kira-kira selama 1 jam. Jika sudah selama 1 jam, angkat nasi dan siap dihidangkan menjadi menu nasi kuning Jakarta.

Baca Juga : Tumpeng Mini Ulang Tahun, Daya Tarik dan Jenis Lauk Pelengkap

– Resep nasi kuning menggunakan rice cooker

  • Resep selanjutnya yang akan dibagikan ini cukup mudah dan praktis. Supaya tambah praktis, sebagai tips tambahan kamu juga bisa menggunakan kunyit bubuk untuk menggantikan kunyit. Untuk takarannya kamu bisa menggunakan kunyit bubuk sebanyak 2 sendok teh untuk memperoleh warna kuning.
  • Selain itu kamu juga bisa menggunakan santan instan cair maupun bubuk untuk menggantikan santan segar dari kelapa. Adapun bahan yang dibutuhkan pada resep ini yaitu beras sebanyak 1 kg, kunyit sepanjang 4 cm yang diparut, daun pandan sebanyak 1 lembar, batang serai digeprek sebanyak 1 batang, santan segar sebanyak 600 hingga 750 ml dan juga garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Untuk cara pembuatannya pertama seperti biasa cuci terlebih dahulu beras sampai airnya hampir bening kemudian tiriskan sampai kering. Langkah selanjutnya letakkan beras pada panci rice cooker dan tambahkan bumbu-bumbu kunyit, daun pandan dan juga serai beserta garam.
  • Setelah itu tambahkan santai sampai tingginya mencapai 2 cm di permukaan beras. Aduk sampai kunyit tercampur merata dengan beras. Kemudian tutup rice cooker dan masak nasi seperti biasa sampai matang.
  • Jika sudah matang, buka rice cooker lalu aduk sampai nasinya terurai. Sajikan nasi kuning saat keadaan hangat untuk rasa yang lebih mantap.

– Resep nasi kuning bakar

Resep sebelumnya pasti sudah pernah kamu coba di berbagai catering nasi kuning Jakarta. Resep selanjutnya ini mungkin terbilang unik karena mungkin jarang tersedia di catering nasi kuning Jakarta yang ada. Jika biasanya nasi bakar terbuat dari nasi putih biasa, kini kamu juga bisa mencoba membuat nasi bakar dengan nasi kuning.

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya 2 gelas beras, daun pisang, santan sebanyak 65 ml, lengkuas sepanjang 3 cm, suwiran daging ayam untuk isian sebanyak 500 gram, gula dan garam secukupnya. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan bahan untuk bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, daun pandan, daun jeruk dan juga daun salam.

Langkah-langkah pembuatan yang pertama cuci beras seperti biasa sampai bersih. Lalu masukkan ke dalam wajan, tambahkan air dan juga santan beserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan gula, garam, daun pandan serta bumbu lainnya seperti daun salam, kunyit serta lengkuas.

  • Masak nasi dengan diaduk perlahan supaya tidak lengket. Setelah itu tunggu sampai airnya menyusut kemudian panaskan air di panci sampai mendidih untuk mengukus nasi. Kukus nasi menggunakan api sedang sampai matang kira-kira selama satu jam.
  • Jika sudah matang angkat lalu siapkan daun pisang yang akan digunakan untuk alas. Potong daun pisang dan taruh nasi kuning di atas daun pisang.
  • Tambahkan isian ayam suwir kemudian bungkus dan segel menggunakan lidi pada daun pisang tersebut. Bakar nasi kuning yang telah dibungkus sebentar saja sekitar 10 menit lalu sajikan nasi kuning bakar selagi hangat.

– Resep nasi kuning rempah

Bahan yang dibutuhkan yaitu beras sebanyak 1 kilogram, beras ketan sebanyak 250 gram untuk campurannya. Beras ketan inilah yang membedakan resep nasi kuning rempah dengan resep nasi kuning Jakarta. Bahan lainnya yang dibutuhkan yaitu santan kental sebanyak 260 ml, daun jeruk dan daun salam masing-masing 4 lembar, daun pandan lembar, kayu manis sepanjang 5 cm, serai sebanyak 2 batang, kunyit sebanyak 3 ruas jari atau 2 sendok makan untuk kunyit bubuk.

Bahan selanjutnya ada air sebanyak 1,5 liter dan juga garam secukupnya. Untuk pelengkapnya kamu bisa menambahkan bawang goreng secukupnya beserta lauk pauk lainnya seperti telur dadar, kering kentang, mie goreng hingga ayam goreng.

  • Langkah pertama campur beras dengan beras ketan lalu cuci sampai bersih. Setelah itu panaskan panci pengukus yang telah berisi air kemudian kukus beras hingga setengah matang. Selanjutnya masukkan beras kukus pada panci yang sudah berisi santan yang dicampur air.
  • Kemudian tambahkan bumbu-bumbu kunyit, daun salam, daun jeruk, daun pandan, serai, kayu manis dan juga garam. Masak hingga santan menyusut dan pada proses ini kamu tidak perlu sering mengaduk. Kamu cukup mengaduh sesekali supaya bagian dasar pada nasi aron tersebut tidak berkerak.
  • Jika santan sudah menyusut artinya beras telah menjadi nasi aron. Kemudian pindahkan beras beserta rempah-rempah ke pengukus dan masak sampai matang.

Demikian beberapa resep nasi kuning yang bisa Anda coba buat. Jika kamu menginginkan hal yang lebih praktis lagi maka kamu bisa mencari catering nasi kuning Jakarta contohnya Dapur Bu Sastro. Kamu bisa memesan nasi kuning untuk nasi box hingga bentuk tumpeng di Dapur Bu Sastro.

Tak usah diragukan lagi karena dapurbusastro.com sangat terpercaya dan sudah menjadi andalan catering para artis. Yuk pesan sekarang juga!

Workshop

Graha Sastro Sun Space
Jl. Pramuka Raya No.49 Mampang Pancoran Mas Depok Jawa Barat 16433

Customer Service

Service Hours

Senin - Minggu
Fast Response Chat 06.00 - 23.00
Pengiriman 24 Jam

Social Media

Follow yuk Instagram Bu Sastro @dapurbusastroofficial

Copyright © All Right Reserved | PT Integra Rasa Nusantara