Tumpeng Nasi Liwet Lengkap dengan Menu Kekinian

Jika pada umumnya sajian nasi tumpeng dibuat dari nasi kuning yang dibentuk kerucut, kini sudah tersedia berbagai varian nasi pada nasi tumpeng kekinian. Salah satunya adalah tumpeng nasi liwet yang memiliki rasa gurih dan lezat untuk disajikan dalam acara istimewa Anda. Anda bisa dengan mudah memesan nasi liwet dalam bentuk tumpeng di katering langganan dan memesan sejumlah menu lauk pauk yang diinginkan.

Varian Menu Nasi Liwet Tumpeng Modern

Tumpeng Nasi Liwet

Antusias masyarakat untuk menyajikan nasi tumpeng kini semakin tinggi, bukan hanya untuk jenis acara resmi saja, namun berbagai jenis acara lainnya seperti seminar, ulang tahun dan syukuran pun bisa menyajikan nasi tumpeng. Apalagi kini tersedia nasi tumpeng nasi liwet yang bisa dibuat dengan ukuran sesuai pesanan konsumen dari mulai ukuran mini, standar hingga sesuai dengan jumlah porsi yang diminta. Nasi tumpeng semakin terasa keistimewaannya dengan membuatnya dari nasi liwet yang diberi bumbu gurih dan khas sehingga menjadikannya lebih spesial.

Baca Juga : Tumpeng Nasi Kuning dengan Lauk Melimpah dan Kaya Rasa

Nasi liwet merupakan sajian nasi yang dimasak dengan menggunakan beberapa bumbu rempah seperti serai, daun salam, daun pandan, santan, bawang merah, bawang putih dan berbagai bumbu pelengkap lainnya. Berbeda dengan nasi putih yang biasa disantap setiap hari, nasi liwet justru dibuat dari perpaduan beras putih dan beras ketan yang sebelumnya sudah direndam selama 3 jam terlebih dahulu. Proses memasak nasi liwet yang terhitung rumit dan panjang menjadikan cita rasanya lebih lezat, gurih dan beraroma menggoda.

Nasi liwet dikenal sebagai sajian kuliner khas dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, sehingga jika ada variasi menu atau cara pembuatan pastinya merupakan perpaduan dari kedua daerah tersebut. Hingga saat ini, nasi liwet banyak digunakan sebagai sajian istimewa untuk hari besar seperti hari kemerdekaan RI, syukuran hingga acara ulang tahun.

Selain bisa memesannya melalui layanan jasa catering, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara yang lebih simpel dan mudah.

Yuk simak cara mudah membuat tumpeng nasi liwet berikut ini:

1. Ketahui apa saja menu yang akan dibuat

Sebelum melakukan belanja bahan, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui menu lauk pauk apa saja yang akan disajikan. Sehingga Anda bisa membeli bahan yang berkualitas sekaligus sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memasak sajian nasi liwet. Jangan lupa untuk mengukur takaran dan porsinya sehingga bisa memasak sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

2. Persiapkan bumbu masak

Selain memiliki proses memasak yang cukup rumit, Anda bukan saja harus menyiapkan nasi liwet saja namun juga lauk pauk pelengkapnya. Agar proses memasak berlangsung cepat dan efisien, usahakan untuk menyiapkan bumbu yang dibutuhkan. Sehingga proses memasak bukan hanya lebih cepat selesai namun juga lebih praktis dan mudah.

3. Mulai proses memasak

Selanjutnya adalah untuk mulai proses memasak tumpeng nasi liwet beserta lauk pauk yang diinginkan. Biasanya nasi liwet baik yang dibuat tumpeng maupun bukan akan disajikan dengan lauk pauk telur balado, ayam goreng, perkedel kentang, kering kentang mustofa, tahu dan tempe goreng/bacem dan berbagai lauk pelengkap lainnya. Buat lauk pauk dari jenis yang bisa awet dan tahan lama sehingga menjadikan sajian tetap segar saat disajikan pada para tamu.

4. Masak nasi liwet dengan teknik tradisional

Meski untuk memasak nasi kini sudah tersedia alat penanak nasi elektrik, namun cita rasa khas dari nasi liwet akan jauh lebih terasa ketika dimasak dengan teknik aron. Memasak dengan teknik aron membutuhkan waktu yang lama sekaligus prosedur memasak yang cukup rumit dan panjang. Namun meskipun rumit dan panjang, hasil masakan dengan teknik jauh lebih lezat serta bercita rasa tinggi.

5. Lakukan proses cetak nasi tumpeng

Langkah yang terakhir adalah untuk melakukan proses cetak nasi tumpeng sesuai dengan ukuran dan porsi yang dipesan. Anda bisa menggunakan wadah berbentuk bundar yang terbuat dari plastik atau bambu (tampah) untuk menyajikan dan menghias nasi tumpeng dengan lauk pauk yang dibutuhkan. Penting untuk diketahui bahwa nasi tumpeng tak bisa langsung dicetak ketika masih dalam kondisi panas, sebaiknya cetak saat sudah dingin.

Mencetak nasi tumpeng dalam kondisi masih panas juga berisiko membuat nasi liwet mudah basi atau tak awet tahan lama. Kipas nasi liwet dengan menggunakan kipas angin atau kipas bambu sambil dilakukan pengadukan nasi hingga nasi dingin dan bisa dicetak sesuai keinginan.

Lauk Pauk Pelengkap Sajian Nasi Liwet

Sajian menu lauk pauk pelengkap nasi liwet tersedia cukup beragam dan bisa dipesan sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda masih bingung untuk memesan varian menu untuk tumpeng nasi liwet yang akan dipesan, simak beberapa rekomendasi lauk pauk untuk sajian nasi liwet.

1. Tahu tempe bacem

Dibandingkan tahu dan tempe yang digoreng gurih biasa, olahan menu tahu tempe bacem rupanya jauh lebih difavoritkan pecinta nasi liwet. Tahu tempe diolah dengan bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar dan gula merah, serta direbus dengan api kecil hingga bumbu meresap. Setelah itu goreng tahu tempe dalam minyak hingga berwarna merah kecokelatan yang lezat sekaligus gurih.

2. Tumis oncom leunca

Menu lauk pauk yang berikutnya adalah tumis oncom leunca yang menjadi kesukaan masyarakat Sunda untuk pendamping nasi liwet. Dimasak dengan cara ditumis dengan menggunakan tambahan bawang, cabai, daun salam dan kemangi bisa menjadikan olahan oncom leunca tersebut lezat dan bisa melengkapi sajian nasi liwet.

3. Ikan nila atau gurameh goreng

Lauk pauk yang berikutnya adalah ikan gurameh atau nila goreng yang sangat cocok jika dipadukan dengan nasi liwet. Bumbui ikan dengan menggunakan bumbu rempah lengkap dan marinasi hingga meresap sempurna baru goreng hingga kering. Sajikan dengan sambal petai yang memiliki rasa pedas mantap.

4. Olahan kentang

Anda juga bisa melengkapi sajian menu nasi liwet dengan menggunakan menu olahan kentang seperti perkedel kentang atau kering kentang mustofa. Perkedel kentang bisa dibuat dengan mudah dan cepat dengan cara merebus atau menggoreng kentang terlebih dahulu sebelum dihaluskan baru dibumbui bumbu rempah kemudian menggorengnya sesuai selera.

Sedangkan untuk membuat kering kentang mustofa bisa Anda lakukan jauh hari sebelum memasak nasi liwet, karena umumnya kering kentang ini jauh lebih awet dan tahan lama untuk disimpan sebelum disajikan.

Demikian sekilas informasi tentang cara dan tips membuat menu tumpeng nasi liwet untuk disajikan di berbagai jenis acara yang Anda selenggarakan. Jika Anda merasa repot untuk membuatnya sendiri, jangan khawatir karena bisa memesannya di Dapur Bu Sastro dengan beragam menu lauk pauk dan berapa pun jumlah porsi yang dibutuhkan.

Katering Bu Sastro juga melayani pesanan secara dadakan yang siap melayani Anda selama 24 jam penuh, yuk cek menu catering selengkapnya hanya di situs resmi Dapur Bu Sastro.

 

Workshop

Graha Sastro Sun Space
Jl. Pramuka Raya No.49 Mampang Pancoran Mas Depok Jawa Barat 16433

Customer Service

Service Hours

Senin - Minggu
Fast Response Chat 06.00 - 23.00
Pengiriman 24 Jam

Social Media

Follow yuk Instagram Bu Sastro @dapurbusastroofficial

Copyright © All Right Reserved | PT Integra Rasa Nusantara